Kenali 4 Tanda Freon AC Mobil Anda Perlu Diganti yang Baru

By indonesiaberkabar

Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi salah satu komponen dalam mobil paling penting untuk kenyamanan pengendara dan penumpang. Namun, terkadang AC mobil tidak terasa dingin dan perlu untuk service ac mobil. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena freon mulai habis. Lantas, bagaimana ciri-ciri freon AC yang sudah mulai habis dan kapan harus diganti?

Dikutip dari Suzuki.co.id, terdapat beberapa komponen utama yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin dalam sistem AC mobil, yaitu kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Freon adalah cairan yang berfungsi untuk mendinginkan. Jika freon habis, maka AC mobil tidak akan berfungsi maksimal.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan freon AC mobil cepat habis. Misalnya membuka jendela mobil sementara AC tetap dinyalakan, ada kebocoran di sambungan pipa AC, maupun karena pemakaian yang memang sudah lama dan sudah harus diganti.

Kenali Tanda Freon Mulai Habis

 

1. Angin yang Menyembur Tidak Dingin

Salah satu ciri ciri freon AC mobil habis yang dapat mudah terlihat dan dirasakan adalah ketika udara yang dihasilkan dari sistem pendingin sudah tidak dingin dan segar lagi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, freon merupakan cairan pendingin di dalam AC yang berfungsi memberikan kesegaran dari udara yang dihasilkan.

Sehingga bila freon sudah habis, tentunya udara tidak akan menjadi segar lagi dan hanya terasa seperti angin biasa. Bila sudah seperti ini, maka mau tidak mau freon AC mobil harus segera diganti.

 

2. AC ON tapi Kipas Tidak Berputar

Tanda lainnya yang dapat terlihat jika kondisi freon ac mobil sudah mulai habis adalah kondisi kipas yang tidak berputar meskipun AC dalam keadaan menyala (On). Kondisi kipas yang tidak dapat berputar inilah yang menjadi tanda jika kondisi freon sudah mulai habis.

Namun tidak ada salahnya memastikan nya lebih lanjut melalui pengecekan. Sebab kipas AC yang tidak berputar bisa saja disebabkan oleh kondisi AC mobil yang memang sudah rusak. Untuk itu, lakukan pengecekan dengan pasti sehingga anda tahu bagian mana yang mengalami kerusakan.

 

3. Kompresor AC Mati

Ketika AC mobil dihidupkan, otomatis kompresor AC akan berputar. Akan tetapi, jika kompresor mati atau tidak berputar saat AC mobil dihidupkan, maka ada kemungkinan freon sudah mulai habis atau bahkan sudah habis.

Untuk itu, sangat penting dilakukan pengecekan agar anda mengetahui kondisi freon di dalam AC mobil. Sehingga pada saat habis, anda bisa segera menggantinya dengan yang baru.

 

4. Cek Sight Glass AC

Ciri ciri lainnya yang bisa anda ketahui adalah ketika anda memeriksa sight glass AC. Pada saat freon AC mobil sudah hampir habis, maka terdapat gelembung-gelembung udara  yang berwarna pink muncul di receiver saat mobil dinyalakan.

Sebenarnya pada saat kondisi freon AC habis, biasanya terdapat pengaman pressure switch pada sistem pendingin mobil. Fitur ini bekerja berdasarkan tekanan yang ada. Peletakannya sendiri terkadang ada di pipa high pressure ataupun di receiver drier.

Empat hal di atas merupakan ciri-ciri umum untuk mengetahui apakah freon AC mobil sudah habis dan harus diganti. Untuk itu, karena sistem pendingin (AC) mobil merupakan komponen yang selalu digunakan, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan perawatan secara berkala pada AC mobil anda. Sehingga AC mobil anda bisa melakukan kinerja nya dengan maksimal.

 Meskipun demikian, terkadang jenis dan tahun produksi mobil juga perlu diperhatikan karena barangkali ada perbedaan atau perangkat tambahan untuk menandakan bahwa freon AC mobil tersebut telah habis.