Apa Manfaat Buah Nanas Bagi Wanita?

By indonesiaberkabar

Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang memiliki rasa yang sangat lezat. Nanas mengandung vitamin esensial, mineral, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya yang dapat melindungi tubuh terhadap berbagai jenis masalah peradangan dan penyakit. Senyawa yang ada pada buah nanas seringkali dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, lalu apakah buah nanas memiliki manfaat bagi wanita? Artikel ini akan mengulas manfaat buah nanas bagi kesehatan wanita.

Dapat Melindungi Dari Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan kondisi tulang rapuh yang lemah karena berkurangnya kepadatan massa tulang. Kondisi ini adalah sebuah kondisi yang tidak dapat dipulihkan sehingga meningkatkan resiko patah tulang yang bisa sangat melemahkan kondisi tubuh dan membutuhkan tindakan operasi untuk menyembuhkannya. Meskipun setiap orang beresiko mengalami osteoporosis, namun kondisi ini empat kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Nah, salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang adalah vitamin C, vitamin C telah terbukti dapat merangsang produksi sel-sel tulang dari kerusakan.

Asupan vitamin C yang memadai akan menyebabkan kepadatan massa tulang lebih tinggi dan dapat mengurangi resiko osteoporosis dan patah tulang. Hasil salah satu dari 13 studi menemukan bahwa orang yang memakan makanan yang kaya akan vitamin C memiliki resiko lebih rendah terkena osteoporosis dan 34% lebih rendah mengalami kejadian patah tulang pinggul. Hanya dengan 1 cangkir atau setara dengan 165 gram nanas potong akan memberikan 88% dari nilai harian untuk kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Nanas juga menyediakan 5% dari nilai harian untuk magnesium dalam tubuh yang penting untuk mempertahankan tulang agar tetap kuat. Dengan demikian, memasukkan nanas ke dalam daftar makanan anda akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

Dapat Memberikan Nutrisi Penting Selama Kehamilan

Terlepas dari mitos bahwa makan nanas dalam berbahaya selama kehamilan, hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan mitos tersebut. Nanas bahkan bisa menjadi tambahan yang sangat bergizi saat masa kehamilan. Meskipun hanya bisa dikonsumsi dalam jumlah kecil, namun nanas mengandung mineral yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Selama kehamilan, kebutuhan mineral yang membentuk sel darah merah ini kan meningkat menjadi 1 mg per hari demi mendukung peningkatan aliran darah selama kehamilan. Kebutuhan mineral dalam membentuk sel darah merah juga dibutuhkan untuk perkembangan jantung, pembuluh darah, dan sistem kerangka dan saraf bayi.

Satu cangkir atau setara dengan 165 gram nanas akan menyediakan sekitar 8% dari nilai harian untuk mineral pembentuk sel darah merah dalam tubuh selama kehamilan. Nanas juga merupakan sumber vitamin B yang baik, meliputi :

  • B1 (tiamin)
  • B6 (piridoksin)
  • B9 (folat)

Beberapa jenis vitamin B yang ada di dalam nanas tersebut memiliki peran masing-masing. Vitamin B pada umumnya berfungsi sebagai kunci untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik untuk bayi anda. Selain itu, nanas mengandung vitamin C dan sejumlah zat besi, seng, dan kalsium yang kesemuanya sangat penting untuk kehamilan yang sehat.

Memiliki Khasiat Sebagai Anti Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umum terjadi pada wanita, terhitung sudah sekitar 25% kasus terjadi pada wanita. Nanas mengandung sejumlah bromelain yang merupakan suatu enzim yang diduga berfungsi sebagai zat anti kanker terutama dalam kasus kanker payudara. Sementara itu, uji tabung dan studi pada hewan menunjukkan efek bromelain menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengobati kanker payudara. Namun penelitian ini menggunakan jumlah bromelain pekat. Sehingga jumlah yang ditemukan dalam nanas masih cenderung terlalu kecil untuk memiliki manfaat yang signifikan.

Penelitian awal juga menyarankan untuk menguji perkembangan kanker payudara dan cuka nanas yang tinggi antioksidan dan dibuat dengan memfermentasi jus nanas. Sebuah studi yang dilakukan dalam 28 hari pada seekor tikus ditemukan hasil bahwa perawatan harian dengan cuka nanas yang dilakukan secara signifikan akan mengurangi perkembangan tumor kanker payudara. Namun efek ini masih belum dikonfirmasi pada manusia.

Efek Samping

Nanas memang sudah dianggap aman untuk wanita. Namun karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi, memakan nanas dalam porsi yang berlebihan akan dapat menyebabkan peningkatan gejala mulas atau refluks pada seseorang dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Selain itu, jika anda mengalami gejala alergi setelah memakan nanas, maka segera hubungi dokter. tanda-tanda dari alergi yang bisa muncul berupa :

  • Gatal atau bengkak di mulut
  • Sulit bernafas
  • Gatal-gatal atau ruam di kulit
  • Hidung tersumbat atau berair

Jika anda memiliki alergi terhadap lateks, kemungkinan besar anda juga memiliki reaksi alergi pada nanas karena nanas memiliki protein yang serupa dengan lateks. Bromelain yang ditemukan dalam nanas juga telah terbukti dapat meningkatkan efek obat-obatan tertentu seperti:

  • Antibiotik
  • Pengencer darah
  • Anti depresan

Jika anda ingin membeli atau mengonsumsi beberapa jenis obat yang telah disebutkan diatas, sampaikan kepada dokter atau apoteker. Konsultasikan seberapa banyak nanas yang aman untuk Anda konsumsi.