Sejarah Singkat Toyota Fortuner Sebagai Mobil SUV Terbaik Saat Ini

By indonesiaberkabar

Sebuah Mobil berkelas yang menjadi idaman banyak orang tidak hanya orang dewasa, tapi anak muda juga demikian.

Desain body yang sempurna, kokoh dan terlihat sangat kuat membuat Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil idaman banyak orang. Tapi, memang dari jumlah pengguna sedikit sekali, karena mobil ini memang mengejar pangsa pasar kelas menengah ke atas.

Dari sisi harganya saja sudah jelas, untuk membeli fortuner sendiri dengan cash keras anda harus mengeluarkan uang minimal 500 juta itupun mendapatkan type paling rendah sedangkan yang tertinggi harganya sekarang sekitar 690 jutaan hampir 700 juta.

Bagi pegawai seperti PNS, kemudian yang bergaji UMR tentu saja memiliki Fortuner bisa hanya sebatas mimpi.

Di Indonesia sendiri, Toyota Fortuner masuk dalam salah satu dari beberapa type mobil mewah. Selain tampilan yang elegan mobil ini juga dari sisi ketangguhan sangat mempuni, bisa berjalan dengan baik dalam segala medan.

Fortuner meramaikan tentu saja persaingan mobil kelas SUV yang memang sekarang sangatlah tinggi persainganya dengan brand dan type mobil yang sama.

Toyota sendiri terus melakukan inovasi dalam memberikan pengalaman baru bagi pelanggan setianya, maka dari itu keluaran terbau terus di rilis dengan memberikan fiture tambahan, pengurangan sehingga lebih user freandly dari sisi pengguna dan tentu saja harganya.

Jika kita flash back kebelakang kita akan sama sama tahu jika pertama kali Toyota mengelaurakan variasi terbaru kelas SUV nya ini sekitar 15 tahun yang lalu tepat pada tahun 2005. Dan benar saja sampai sekarang ini pengguna Fotuner berbagai seri sangat banyak sekali peminatnya.

Ini bisa dibilang sebuah trobosan yang sangat sukses dilakukan oleh pihak Toyota. Sedangkan jika kita perhatikan banyak sekali perubahan perubahan dari generasi pertama sampai sekarang yang diberikan pada type mobil ini.

Ya, tujuanya sudah jelas menjadi juara dalam persaingan mobil nyaman dan tanggung di kelas SUV tertama pada pangsa pasar di Indonesia sendiri.

Sejarah singkat Toyota fortuner dibawah ini bisa anda jadikan sebagai sebuah penambah refrensi dalam memahami lebih jauh mengenai fortuner dari sisi perubahan dari masa ke masa.

Pertama Kali Toyota Fortuner di Perkenalkan

Tahun 2017 pada bulan agustus Toyota Fortuner pertama kali di jual di pasaran.  Dimana waktu itu dari sisi penggunaan bahan bakar sendiri menggunakan diesel dengan mesin menggunakan type 2KD-FTV 2.5 Liter. Singkatnya mesin yang dibenamkan pada Toyota Fortuner waktu itu sudah menggunakan common rail atau persih dengan apa yang digunakan pada Toyota Kijang Innova.

2 Tahun Berselang Setelah Kelauran Pertama

Kemudian 2 tahun berselang pihak Toyota akhirnya baru memperkenalkan keluaran baru Toyota Fortuner dengan menggunakan transmisi otomatis. Tentu saja tidak hanya pada bagian transmisi saja yang dibuat sesuai dengan permintaan pasar namun pada bagian desain Uni body juga sama saja dibuat semakin elegan dan menarik.

Perubahan Mendasar Pada Toyota Fortuner

Perubahan yang paling nyata terlihat pada generasi kedua waktu itu adalah pada bagian lampu depan yang dibuat lebih kecil dan menarik serta beberapa tambahan aksesoris lainya. Kemudian dari sisi performa mesin sendiri menggunakan 2TR Dual VVT-i bensin dengan kapastitas total 2,7 liter, dan untuk jenis mesin diesel 2GD-FTV dengan kapasitas hanya 2,4 liter saja.

Kemudian dari sisi pilihan model ada dua jenis yang bisa anda pilih dari keluaran Toyota Fortuner pada tahun 2009 waktu itu yakni tipe VRZ dan SRZ.

 

Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner

 

Kita bahas sedikit mengenai spesifikasi dari mesin Mobil Fortuner ini sehingga sahabat akan lebih mudah membandingkanya nanti.

Type mesin sendiri lengkapnya bisa anda cek sendiri nanti, sedangkan dari sisi tenaga maksimal sampai dengan 149 – 160 HP  dengan toris tertinggi sampai dengan 242 Nm – 400 Nm.

Dari penggunaan bahan bakar memang tergolong boros ya, dimana dengan jarah 10km membutuhkan kurang lebih 11 liter.

Ini artinya setipa 1km anda akan menghabiskan 1 liter bensin, meskipun boros memang akan sangat sebanding tentu saja dengan tingkat kenyamanan dan keamanan dalam berkendara yang akan anda dapatkan.