Basket ini menjadi salah satu olahraga yang memang sudah di gandrungi oleh banyak anak muda yang ada di Indonesia. Berbagai kalangan bermain basket baik yang jago ataupun tidak mereka ini semua percaya diri untuk memainkan olagraga yang satu ini. Supaya Anda lebih jago, Anda ini harus tahu bagaimana teknik melempar bola basket. Jenis operan ini cukup banyak dan tiap jenis punya fungsi yang beda- beda. Ini dia beberapa teknik yang bisa Anda gunakan saat bermain basket:

1. Chest pass

Teknik yang satu ini dilakukan dengan melatakan bola basket dengan dua tangan yang searah dengan dada. Jika ingin melakukan teknik ini Anda ini harus memposisikan kedua kaki Anda selebar dengan bahu dan tekuk sedikit lutut Anda. Pegang bola di depan dada sambil bengkokkan sedikit siku. Jika Anda sudah ada di posisi tersebut Anda ini bisa melemparkan bola dengan cara menarik bola kea rah dada Anda kemudian lakukan sebuah tolakan ke bagian depan sambil luruskan siku Anda. Saat melakukan teknik yang satu ini pastikan pandangan Anda lurus ke depan.

2. Over head pass

Untuk lemparan dari atas kepala ini biasanya di pakai untuk memberikan operan kepada para pemain dengan jarak yang cukup jauh saat lawan menempel dengan kita. Teknik yang satu ini bisa juga Anda pakai untuk menembak bola langsung ke arah ring. Teknik yang satu ini memiliki tujuan supaya bola jauh dari jangkauanĀ  tangan lawan. Saat Anda akan melakukan teknik ini coba berdiri dengan satu kaki Anda arahkan kedepan atau bisa juga buka kaki Anda selebar dengan bahu. Pegang bola si atas kepala Anda dengan kedua tangan. Ketika melempar coba untuk menarik bola yang awalnya ada di atas kepala ke belakang. Konsentrasikan bidikan Anda langsung ke ring dan masukan bolang ke keranjang.

3. Bounce pass

Teknik yang satu ini adalah teknik yang cukup sering di temukan didalam permainan bola basket. Tujuan dari teknik melempar yang satu ini adalah menghindari pandangan dari seorang pemain yang memiliki postur badan yang tinggi. Teknin ini bisa di lakukan dengan membuka lebar kedua kaki kemudian tekuk lutut sedikit. Condongkan badan kea rah depan dan posisikan tangan memegang bola di bagian depan dada sambil membengkokan siku.

4. Baseball pass

Teknik yang keempat ini bisa Anda gunakan saat bermain bola basket, tekniknya ini adalah dengan mengoper bola di bagian atas kepala. Tujuan dari teknik yang satu ini adalah membuat bola melambung dan dengan mudah bisa melewati lawan. Teknik yang satu ini sering juga di sebut jadi operan jarak jauh. Teknik yang satu ini biasanya di pakai saat posisi ada di setengah panjang lapangan.

5. Behind the back pass

Teknik yang terakhir ini bisa Anda gunakan untuk mengoper bola dengan cara melemparnya dari arah belakang punggung. Teknik ini bisa di bilang merupakan teknik yang cukup rumit jika dilakukan oleh para pemula. Teknik yang satu ini membutuhkan latihan yang rajin dan harus sering dilakukan supaya hasilnya bisa benar.

Nah itu dia 5 teknik dasar dalam melempar bola basket yang bisa Anda pelajari supata Anda lebih jago dalam bermain basket. Lakukan latihan ini secara rutin supaya skill Anda semakin terasah.