Hindari Kerugian Investasi Obligasi, Coba Cara ini!

By indonesiaberkabar

 

Selama ini kamu pasti sudah sering mendengar berbagai macam investasi, mulai dari deposito, saham, emas dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan obligasi? Jenis investasi ini memang kurang familiar di telinga masyarakat awam investasi. Jenis investasi satu ini merupakan instrumen surat berharga berupa surat utang yang dikeluarkan pemerintah atau korporat.

Sebagai instrumen investasi, tentu obligasi menawarkan keuntungan yang diberikan berupa pengembalian nilai pokok investasi dan kupon atau bunga. Nilai kupon yang diterima tergantung dengan kesepakatan. Namun sebagaimana investasi tentu ada risiko kerugian  jika dilakukan tidak dengan cara yang benar. Kamu harus pandai membaca situasi dan tidak salah ambil keputusan.

Berikut cara menghindari kerugian dalam investasi obligasi untuk kamu ketahui:

  • Tentukan Strategi Investasi

Apa pun jenis investasi yang kamu pilih, membuat strategi adalah hal wajib dilakukan. Sebagai investor kamu wajib menetapkan tujuan yang jelas agar dapat menentukan strategi yang tepat dilakukan. Seperti menentukan jangka investasi untuk jangka panjang, menengah atau pendek. Yang lainnya juga seperti manajemen risiko, pajak dan lainnya perlu diperhitungkan.

Untuk meraih keuntungan sebagai investor, kamu dapat mempertimbangkan diversifikasi dalam beberapa aset investasi berbeda. Ini merupakan strategi investasi yang perlu ditanamkan agar tidak menanamkan modal pada satu tempat saja. Cara diversifikasi obligasi ini dengan membuat portofolio beberapa surat utang. Pemilihan obligasi pemerintah menjadi pilihan aman menekan risiko gagal bayar sebab ada jaminan pembayaran yang lebih tegas.

  • Menentukan Waktu Transaksi

Obligasi merupakan instrumen investasi yang  sangat bergantung dengan waktu transaksi. Sebab obligasi tidak hanya dapat dicairkan saat waktu pembayaran, melainkan dapat dijual di pasar sekunder. Sebagai pemegang surat utang, kamu dapat menjual kapan saja dan di mana saja dengan pertimbangan keuntungan.

Namun sebaiknya mempertimbangkan untuk investasi jangka panjang dengan tidak menjualnya. Karena pendapatan dari kupon bunga nantinya dapat lebih menguntungkan dibandingkan dijual sebelum waktunya.

  • Strategi Buy and Hold

Ini dia untuk investor yang memungkinkan menggunakan strategi jangka panjang, dengan membeli obligasi dan menahannya untuk tidak dijual kembali. Cara ini memungkinkan kamu mendapat kembali modal secara utuh dan keuntungan dari kupon tetap. Kamu perlu menunggu hingga waktu jatuh tempo untuk mendapatkan bunga. Dalam strategi ini, investor tidak perlu merasa khawatir akan perubahan suku bunga, karena dapat akan menerima kupon sesuai kesepakatan ketika waktu jatuh tempo.

  • Memilih Penerbit Terpercaya

Obligasi ritel Indonesia merupakan surat utang yang resmi dikeluarkan pemerintah melalui debitur. Obligasi yang diterbitkan pemerintah dapat menjadi pilihan terpercaya untuk menghindari risiko terjadinya gagal bayar. Bukan berarti obligasi yang diterbitkan korporat sepenuhnya tidak dapat dipercaya, kamu hanya perlu lebih selektif. Risiko gagal bayar menjadi resiko terbesar dalam investasi ini karenanya kamu perlu cermat dalam memilih penerbit terpercaya.

Dapatkan Obligasi Ritel Indonesia di digibank by DBS

Kini pembelian surat berharga atau obligasi semakin mudah bahkan tidak perlu keluar rumah juga bisa dilakukan. Terutama jika kamu nasabah digibank by DBS, yang bisa melakukan beragam transaksi lewat satu aplikasi yakni Aplikasi digibank by DBS.

Selain mudah ada beragam keuntungan dengan membeli obligasi di digibank by DBS, penasaran? Berikut beragam keuntungan tersebut:

  • Nikmati layanan 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS, jadi tidak perlu repot datang ke kantor cabang
  • Pendapatan tetap dari pembayaran Kupon/ Imbal hasil, jadi lebih menguntungkan
  • Jumlah investasi terjangkau mulai dari Rp 1 juta
  • Tergolong investasi rendah risiko dengan keuntungan lebih tinggi dari Deposito

Dapatkan investasi obligasi lewat Aplikasi digibank by DBS untuk mendapat beragam keuntungan. Namun sebelumnya pastikan kamu telah memiliki tabungan digibank dan telah menginstal aplikasi digibank pada smartphone. Jika sudah ikuti tiap langkahnya berikut ini.:

  • Pertama login ke Aplikasi digibank by DBS kamu,
  • Cari pilihan “Obligasi” dan klik, lalu cek ketersediaan produk.
  • Jika produk yang diinginkan tersedia, selanjutnya kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan seputar pengetahuan profil risiko dan membuat nomor SID. Kamu bisa keluar aplikasi terlebih
  • Jika nomor SID sudah dibuat, kamu akan menerima notifikasi pada email yang terdaftar.
  • Setelah registrasi SID berhasil, masuk lagi ke aplikasi digibank untuk melihat pilihan produk yang tersedia di bagian bawah menu “Obligasi” maka proses pendaftaran sudah selesai.

Mudah bukan? Dengan layanan online menggunakan Aplikasi digibank by DBS kamu bahkan dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja 24 jam. Keuntungan lain, kamu tidak dikenai biaya pembelian SBN alias gratis untuk pembelian dari Aplikasi digibank by DBS. Untuk kamu yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS, segera lakukan pembukaan Tabungan digibank serta proses registrasi di aplikasi digibank.