Ayo Rajin Minum Air Putih! 8 Masalah Kesehatan Ini Bakal Menyerang Jika Asupan Cairan Tak Terpenuhi

By indonesiaberkabar

Meski terkesan sederhana, namun jangan remehkan manfaat minum air putih bagi kesehatan. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja.

Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Jika tidak terpenuhi, tubuh akan mengalami beberapa gangguang kesehatan. Berikut tim rangkum 8 jenis gangguan kesehatan yang bisa kalian alami jika enggak rajin minum air putih. Yuk disimak!

1. Dehidrasi


Dehidrasi

Gangguan pertama yang pasti terjadi jika kalian jarang minum air putih adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan yang keluar dan masuk di dalam tubuh. Beberapa tanda dari dehidrasi, meliputi mulut kering, kelelahan, warna urine menjadi kuning kehitaman pekat, elastisitas kulit menurun, serta mata yang terlihat cekung.

Ketika kalian mengalami dehidrasi artinya cairan di dalam tubuh tidak cukup untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Salah satu fungsi vital air di dalam tubuh adalah memberi suplai oksigen ke seluruh jaringan tubuh melalui peredaran darah. Ketika terjadi dehidrasi, maka peredaran darah kalian menjadi kurang lancar. Pada kondisi yang berat, dehidrasi dapat menyebabkan syok, koma, bahkan kematian loh.

2. Sembelit


Sembelit

Saat kurang cairan kalian juga akan mengalami sembelit atau konstipasi. Konstipasi adalah keadaan yang membuat kalian sulit buang air besar secara normal. Jika usus bertugas membentuk tinja, usus besar akan mengeluarkan banyak air untuk mempermudah keluarnya.

Bila tidak ada cukup air akan menyulitkan untuk membuang tinja dan bisa menyebabkan sakit perut. Salah satu masalah yang berhubungan langsung dengan sembelit adalah wasir, yang disebabkan oleh usaha yang harus dilakukan usus untuk menghilangkan kotoran yang sangat padat atau kering.

3. Sakit Kepala


Sakit Kepala

Merasakan nyeri di kepala juga bisa menjadi akibat kurang minum air putih. Rasa nyeri ini bisa dari ringan hingga benar-benar mengganggu. Sakit kepala ini terjadi karena otak mengalami penyusutan sementara karena kurangnya asupan cairan. Ketika asupan cairan tercukupi, maka otak akan kembali ke bentuknya semula dan sakit kepala pun hilang.

Bila kalian tidak minum cukup air, pembuluh darah juga akan membesar, yang menyebabkan sakit kepala hebat. Ingat bahwa dehidrasi tidak hanya terjadi pada hari dengan suhu tinggi. Selama kalian minum cukup air, kalian akan memiliki keseimbangan yang memadai dan akan mengurangi risiko terkena migrain ataupun sakit kepala.

4. Kram Otot


Kram Otot

Air juga memiliki peran dalam menjalankan fungsi sendi dan otot. Air dibutuhkan sebagai pelumas di persendian, sehingga pergerakan di sendi menjadi tidak kaku. Kemudian, air juga dibutuhkan dalam proses penyaluran sinyal dari saraf menuju ke otot. Saat kalian berolahraga air berperan dalam mempertahankan suhu tubuh tetap pada batas normal. Dengan demikian, kontraksi otot tidak menyebabkan tubuh terlampau panas.

Selain itu, tingkat cairan yang tidak mencukupi dalam tubuh akan membuat kalian mengalami ketidakseimbangan pasokan elektrolit dan mineral. Komponen ini sangat penting untuk fungsi otot. Inilah sebabnya mengapa sebaiknya kalian tetap terhidrasi saat berolahraga atau beraktivitas, karena kalian akan kehilangan air dan mineral melalui keringat.

5. Lelah Berlebihan


Lelah Berlebihan

Dehidrasi menyebabkan beberapa dampak buruk untuk kesehatan seperti menyebabkan kelelahan. Bila kalian tidak memiliki cukup cairan, sel otomatis akan memperlambat aktivitas mereka dan menghasilkan lebih sedikit energi. Orang yang menderita dehidrasi sering lelah dan mengantuk karena alasan ini.

Untuk itu, kalian sebaiknya memperhatikan konsumsi air putih. Cobalah untuk makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air untuk meningkatkan jumlah cairan di tubuh. Selain asupan vitamin, buah seperti semangka dan jeruk memberi gula yang secara alami meningkatkan tingkat energi kalian loh.

6. Gangguan Ginjal


Gangguan Ginjal

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Kidney Foundation, disebutkan kalau konsumsi air sangat penting untuk membantu darah membawa nutrisi penting dan bersirkulasi di ginjal. Ketika kalian mengalami dehidrasi maka sistem sirkulasi akan menjadi terhambat. Dehidrasi ringan dapat membuat kalian merasa lelah, sedangkan dehidrasi parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Dehidrasi dapat menyebabkan penumpukan limbah dan asam dalam tubuh serta menyumbat ginjal dengan protein otot (mioglobin). Semua ini bisa melukai ginjal. Dehidrasi juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih yang mengakibatkan kerusakan ginjal jika tidak ditangani dengan cepat.

7. Menurunkan Sistem Imun


Menurunkan Sistem Imun

Kurang minum air putih juga dapat mengganggu fungsi dari sistem kekebalan tubuh. Minum air putih dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dapat membantu produksi liur dan air mata.

Kedua cairan ini dapat mencegah kuman dan benda asing masuk ke dalam tubuh. Selain itu, air juga dibutuhkan untuk pembentukan urine yang berperan penting dalam mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan atau berbahaya bagi tubuh. Jika zat-zat tersebut tidak dikeluarkan tentu dapat menimbulkan masalah bagi tubuh.

8. Menurunkan Fungsi Otak


Menurunkan Fungsi Otak

Jika banyak yang bilang, kurang minum membuat konsentrasi berkurang hal itu benar adanya. Sekitar 80% otak manusia terdiri dari air. Dengan demikian, kekurangan air putih dapat memengaruhi fungsi otak pula. Padahal, otak memiliki serangkaian fungsi yang penting di tubuh.

Beberapa fungsi otak, yaitu mengatur ritme organ jantung, menjalankan kontraksi usus yang, hingga mengirim sinyal bagi otot untuk berkontraksi, sehingga tubuh dapat melakukan pergerakan. Selain itu, hal ini juga akan membuat kalian mudah lengah dan kehilangan konsentrasi.