Pengertian dan Fungsi memory card

By indonesiaberkabar

Memory card merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan berbagai macam data digital. Meskipun bentuknya kecil, akan tetapi memory card mempunyai manfaat yang sangat besar dalam membantu penyimpanan sebuah data digital seperti audio, gambar, video, yang mempunyai kapasitas dari 2 GB hingga 64 GB. Dengan sebuah memory card maka data digital bisa denngan mudah untuk disimpan dengan jumlah besar.

Memory card adalah salah satu pendukung sebuah perangkat lunak salah satunya adalah samartphone, memory card bisa membantu para pengguna smartphone saat hendak menyimpan semua data yang dibutuhkan, kapasitas penyimpanan memory card juga sangat bervariatif yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. setiap jumlah kapasitas memory card akan mempengaruhi harga yang ditawarkan, semakin besar kapasitas penyimpanan memory card, maka harga memory card akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis memory card yang mempunyai kapasitas dibawahnya. jika anda menggunakan sebuah smartphone maka jumlah kapasitas memory card tergantung dengan jumlah kapasitas penyimpanan internernal smartphone anda. selain itu jika anda melakukan install aplikasi dan game, maka aplikasi akan tersimpan di penyimpanan internal dan file data akan tersimpan pada memory card. Maka dengan itu penyimpanan aplikasi yang di install sebenarnya membutuhkan penyimpanan internal dan eksternal.

Namun, dengan adanya memory maka membuat penyimpanan tidak cepat penuh, terutama ketika anda banyak menyimpan semua data file hanya dengan menggunakan penyimpanan internal justru akan membuat smartphone menjadi lambat dan sering bermasalah. Oleh karena itu memory card mempunyai berbagai peran yang sangat berguna bagi kinerja smartphone anda agar tetap dalam performa yang terbaik. Adapun berbagai jenis dan fungsi memory card yang perlu diketahui diantaranya

  • Multimedia card
  • Secure digital card
  • Smart media card
  • Compact flash card
  • Memory stick

1. Multimedia card

Multimedia card merupakan sebuah memori yang tergolong standart, multimedia card seringkali dipakai dalam slot memory card.  Dalam perkembanganya, mulitimedia card meluncurkan sebuah generasi penerusnya yaitu reduced size multimedia card yang mempunyai ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan Multimedia card sebelumnya.

2. Secure digital card

Secure digital atau yang dikenal SD card merupakan sebuah memory card yang berukuran sama seperti multimedia card. Secure card mempunyai kelebihan sebagai memory yang dapat melakukan transfer data dengan cepat. Selain itu, secure digital dilengkapi dengan sebuah switch yang berguna agar SD menjadi property sebagai pembaca. Secure digital menjadi sebuah memory card yang mempunyai sistem keamana yang jauh lebih baik dari pada MMC, secure digital mempunyai ukuran yang lebih tebal daripada MMC standart.

3. Smart media card

Smart media adalah sebuah memori yang dapat dipakai dalam menyimpan berbagai macam data file multimedia. Smart media card mempunyai bentuk dan ukuran seperti flash card.

4. Compact flasf card

Compact flash card seringkali dipakai dalam menyimpan file dalam sebuah kamera digital. Compact flash card mempunyai chip controller sehingga kecepatan dalam mentransfer data menjadi sangat cepat. Selain itu, compact flash card mempunyai dua ukuran diantaranya, compact flash card tipe 1 dengan tebal 5mm dan compact flash card tipe 2 dengan tebal 3.3 mm.

5. Memory stick

Memory stick meruoakan sebuah memory yang dikeluarkan oleh perusahaan sony,  oleh karena itu memory stick seringkali dipakai oleh produk dari perusahaan sony.