Manfaat Tanaman Herbal Bagi Kita

By indonesiaberkabar

Herbal adalah tanaman yang memiliki fungsi untuk pengobatan. Dari fungsinya tersebut, tak heran jika tanaman herbal digunakan sebagai alternatif pengobatan bagi sebagian orang. Selain mudah ditemukan, tanaman ini dapat kita budidayakan sendiri di pekarangan rumah.

Manfaat dari tanaman herbal ini sangat banyak, oleh karena itu anda perlu mengetahui hal ini. Jadi, silahkan simak penjelasan di bawah ini ya.

  1. Kencur

Tanaman obat kencur memiliki manfaat bagi kesehatan kita, antara lain sebagai penambah stamina tubuh, penambah nafsu makan, mengatasi gangguan kesehatan (diare, radang lambung, flu, sakit kepala, dan lain-lain), mencegah batu ginjal, memperlancar haid bagi wanita dan sebagainya. Selain itu, kencur juga menjadi salah satu rempah yang dijadikan sebagai jamu.

  1. Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman kunyit juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai pembantu melancarkan siklus haid, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu? Kunyit ternyata bisa digunakan sebagai masker untuk kecantikan loh. Tentunya dengan campuran dari bahan alami yang lain.

  1. Jahe

Tanaman obat jahe ini paling populer karena khasiatnya yang dimiliki untuk kesehatan tubuh sudah diketahui oleh banyak orang. Jahe berguna untuk mengatasi sakit kepala, mengatasi sakit perut, meredakan nyeri sendi, meringankan nyeri akibat haid, serta mengatasi gangguan pencernaan.

Jahe juga seringkali dibuat menjadi minuman sebab dapat menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi akibat dari kandungan yang dimiliki oleh jahe tersebut.

  1. Lengkuas

Lengkuas atau yang biasa disebut dengan laos, tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan loh. Contohnya seperti melancarkan pencernaan, sebagai antioksidan, mencegah kanker, menurunkan demam, melawan infeksi, meredakan rasa mual, dan lain-lain.

  1. Daun Kemangi

Kemangi biasanya digunakan sebagai lalapan dengan khas aroma wanginya. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau makanan pada tangan akibat dari memegang makanan  yang baunya menyengat.

Namun, kemangi termasuk dalam daftar tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Ia dapat digunakan untuk mengobati kanker, sebagai zat anti bakteri, meredakan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, dan mengobati luka luar.

  1. Daun Sirih

Selain digunakan untuk mengatasi bau badan dan bau mulut, daun sirih juga memiliki manfaat lain sebagai obat malaria, menyembuhkan luka, menurunkan kadar kolesterol, membantu membunuh bakteri jahat, obat mencegah kanker, dan berbagai macam penyakit yang lain.

  1. Lidah Buaya

Siapa yang tak kenal dengan tanaman lidah buaya? Salah satu tanaman obat yang juga populer  karena manfaatnya pada kesehatan dan juga dijadikan sebagai produk kecantikan.

Beberapa manfaat dari lidah buaya, dintaranya menurunkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, mengatasi rambut rontok, menyembuhkan luka, mengobati jerawat, menjaga kesehatan mulut serta melembabkan kulit.

  1. Kumis Kucing

Tanaman ini bisa ditemui di pekarangan rumah, namun saat ini keberadaannya hampir punah karena  hampir dari pekarangan rumah-rumah sudah tidak terlihat tanaman kumis kucing. Padahal, tanaman ini banyak manfaat seperti mengobati penyakit asam urat, mengobati diabetes, mengobati penyakit  ginjal, mengobati hipertensi dan mengobati kencing batu.

Itulah contoh beberapa tanaman herbal yang memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Ketika kita ingin menggunakannya tentu harus mengikuti anjuran yang ada dan tidak boleh berlebihan pastinya. Karena sesuatu yang berlebihan tidak baik dan bisa menimbulkan dampak bahaya bagi hal yang lain.