Ingin Tinggal di Surabaya? Ini Biaya Hidup yang Perlu Kamu Persiapkan

By indonesiaberkabar

Biaya hidup di Surabaya berbeda-beda setiap orang, tergantung dari gaya hidup, tempat tinggal, lokasi kerja, ataupun tingkat penghasilan. Kendati demikian, kita bisa menarik gambaran umum akan biaya-biaya yang perlu dikeluarkan ketika tinggal di Surabaya. Dengan begitu, kamu bisa jaga-jaga dan tidak akan kelimpungan saat tinggal di kota pahlawan ini.

1.   Biaya Sewa Hunian

Hunian adalah hal pertama yang perlu kamu pikirkan begitu pindah ke Surabaya. Kamu bisa memilih rumah tapak atau sewa apartemen Surabaya untuk huniannya. Tentu sewa rumah tapak dan sewa apartemen berbeda harganya. Sewa rumah kontrakan atau kos di Surabaya harganya lebih terjangkau, namun fasilitas seadanya. Sedangkan sewa apartemen Surabaya harganya sedikit lebih mahal, namun fasilitasnya jauh lebih baik.

 

Jika kamu tertarik untuk ngekos, biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp700 ribuan. Kamu juga bisa menemukan kos yang harga sewanya lebih murah, seperti Rp600 ribuan atau Rp 500 ribuan. Sedangkan bagi kamu yang ingin sewa apartemen Surabaya, perlu mengeluarkan biaya yang lumayan besar, mulai dari Rp2.000.000 per bulan.

2.   Biaya Transportasi

Di Surabaya, tersedia banyak pilihan moda transportasi. Ada bus, becak, angkot, transportasi online, sampai kereta. Tentu biaya transportasi berbeda-beda di setiap modanya. Yang paling murah adalah angkot. Tarif angkot di Surabaya hanya berkisar antara Rp4.000 – Rp10.000 di setiap jalurnya, tergantung dari tujuan.

 

Sedangkan untuk bus kecil di Surabaya, tarifnya dimulai dari Rp7.500. Tarif tertinggi adalah Rp51.500 dengan tujuan akhir Surabaya – Banyuwangi. Untuk kereta api, yang termurah disediakan kereta Gaya Baru Malam Selatan (rute SGU – PSE) dengan tarif Rp104.000. Sedangkan yang termahal adalah kereta Bima kelas eksekutif, dengan tarif Rp395.000.

 

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan jasa transportasi online di Surabaya, yang tarifnya tidak berbeda dengan transportasi online di Jakarta. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, dengan estimasi BBM Rp300.000 untuk 30 hari.

 

3.   Biaya Kebutuhan Sehari-Hari

Kamu bisa makan enak di Surabaya hanya dengan Rp8.000 sampai Rp15.000 saja. Untuk biaya makan selama sehari tidak sampai Rp50.000. Tentu akan berbeda jika kamu memutuskan untuk makan di mall atau restoran mahal, yang harga makanannya di atas itu.

 

Mau lebih hemat lagi? Kamu bisa memasak makanan sendiri di Bandung. Harga bahan makanan di Surabaya juga terkenal sangat murah. Harga sayur saja hanya sekitar Rp8.000 sampai Rp10.000 saja. Harga lauk pauknya juga tidak jauh berbeda. Kamu bisa tahu daftar harga lengkap bahan makanan di Surabaya dari situs pemkot Surabaya yang selalu di-update.

4.   Biaya Rekreasi

Hati-hati jika ingin pergi rekreasi di Surabaya, kamu bisa kalap. Surabaya menyediakan banyak pilihan tempat wisata, mulai dari cafe dan restoran kekinian, kebun binatang, museum, sampai tempat wisata alam. Untuk menghindari kantong jebol, kamu perlu tahu kisaran harga rekreasi di Surabaya, membuat anggaran rekreasi dan patuh pada anggaran tersebut.

 

Rata-rata harga tiket masuk tempat wisata di Surabaya adalah Rp25.000 per orang. Beberapa tempat yang memasang tarif ini seperti Ekowisata Hutan Bakau, Surabaya Carnival Market dan Masjid Cheng Ho. Bawa uang Rp50.000 saja, kamu sudah aman berwisata di kota Surabaya. Kecuali kalau tujuan wisata di taman air atau waterpark. Kamu perlu menyiapkan budget lebih, karena tiket masuk ke waterpark Surabaya ada di kisaran Rp100.000 per orang.

 

Mau wisata yang gratis di Surabaya? Datang saja ke taman-taman yang tersebar di kota pahlawan ini. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir, sisanya gratis. Selain itu, beberapa museum di Surabaya, seperti House of Sampoerna, tidak memasang tarif sepeser pun kepada pengunjungnya.

5.   Biaya Kesehatan

Sedia payung sebelum hujan, sebelum sampai di Surabaya, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan biaya kesehatan. Besarnya tergantung dari riwayat penyakit yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu sering bolak-balik rumah sakit karena urusan gigi, kamu perlu menyiapkan uang Rp100.000 sampai Rp350.000 untuk masalah tersebut.

 

Sedangkan jika kamu ingin melakukan medical check-up di Surabaya, biaya termurah ada di RS. Mitra Keluarga Kenjeran, yakni Rp300.000. Pilihan yang lebih premium adalah Rumah Sakit Siloam Surabaya, dengan biaya medical check-up Rp1.250.000.

 

Sudah punya gambaran terkait biaya yang perlu kamu persiapkan sebelum pindah ke Surabaya? Berapapun hasilnya, akan lebih baik jika kamu menganggarkan lebih dari kebutuhan. Untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran tak terduga ketika kamu tinggal di Surabaya.