Daftar Kebutuhan Sehari – Hari yang Wajib Ada di Dapur Bunda

By indonesiaberkabar

Menyiapkan makanan untuk keluarga pastilah jadi saat-saat menyenangkan bagi seorang ibu. Tapi jika tiba-tiba mendapati ada 1 atau 2 barang yang habis ketika akan digunakan, Anda pasti jadi sebal kan? Karena itu, ada daftar kebutuhan sehari-hari yang tak boleh sampai habis dari dapur Anda.

Tapi kira-kira apa saja ya? Lalu dimana Anda bisa membelinya dengan mudah? Barang-barang ini memang terkesan sepele. Tapi jika tidak ada di dapur Anda, rutinitas harian seperti masak dan makan bersama bisa jadi terganggu.

Daftar Kebutuhan Sehari Hari yang Tak Boleh Absen dari Dapur

1. Gula

Daftar pertama dimulai dari stok gula di dapur. Meskipun sepele tapi gula punya banyak fungsi di rumah. Misalnya ketika membumbui masakan sampai membuat minuman. Apa jadinya jika Anda lupa membeli gula sehari saja? Ditambah lagi jika tiba-tiba ada kerabat yang berkunjung?

2. Garam

Setali dengan gula, garam juga jadi bumbu dapur yang tak boleh absen. Sebelum habis, Anda sudah harus membelinya lagi di warung terdekat. Garam dibutuhkan untuk bumbu masak, membersihkan daging, ikan, hingga jadi obat sakit gigi. Jangan sampai bumbu satu ini absen ya.

 

3. Bawang Merah

Mayoritas orang Indonesia selalu menggunakan bawang merah sebagai bumbu masakan mereka. Bahkan popularitas bawang merah ini sudah nomor 1 di Indonesia dibandingkan bawang Bombay. Sediakan stok bawang merah di dapur Anda. Beli stok dalam jumlah sedikit tapi sering.

Jangan sampai Anda lupa membeli bawang merah. Kemudian ketika mau masak, Anda terpaksa menggunakan bawang seadanya. Pasti rasa masakan Bunda jadi hambar dan kurang gurih. Terlebih bawang merah punya fungsi ganda untuk pertolongan pertama pada gigitan serangga.

4. Bawang Putih

Serupa dengan bawang merah, masyarakat Indonesia tak bisa masak tanpa bumbu satu ini. sediakan stok bawang putih yang cukup di dapur Anda. Apalagi bawang merah wajib digunakan pada menu masakan Indonesia mulai dari yang berkuah, tumis, hingga gorengan.

5. Lada

Merica atau lada juga wajib selalu tersedia di dapur. Anda bisa membeli 2 jenis merica yaitu bubuk dan butiran. Merica bubuk lebih praktis jika Anda ingin menambahkan cita rasa pada akhir proses masak. Merica butir juga cocok untuk bumbu yang diuleg dengan cita rasa lebih kuat.

6. Ketumbar

Ketumbar sudah jadi bumbu wajib ketika Anda akan menggoreng bukan? Karena itu jangan sampai lupa untuk menyetok ketumbar di dapur. Anda bisa beli ketumbar butiran ataupun bubuk. Semuanya bisa digunakan untuk dijadikan bumbu masakan di Indonesia.

7. Rempah Rimpang

Apa saja daftar rempah rimpang yang tiap hari digunakan? Ada kunyit, jahe, lengkuas, serai, kunci, kencur, dan lain sebagainya. Meskipun sebagian orang tak menggunakan rempah ini. Tapi masakan Indonesia mayoritas menggunakan bahan ini.

Kalau tidak ingin dijadikan bumbu, rempah rimpang ini juga bisa jadi jamu tradisional. Misalnya saja jahe, kencur, kunci, dan kunyit yang sudah jadi minuman herbal andalan. Anda bisa menyediakannya untuk bahan minuman tiap sore di rumah.

8. Kemiri

Kemiri jadi bumbu dapur yang banyak digunakan untuk masakan Indonesia. Mulai dari soto, makanan berkuah, gorengan, rendang, sambal, dan lain-lain. Rasanya kurang sedap jika tak menambahkan kemiri pada masakan tersebut. Kemiri bisa membuat makanan lebih gurih.

Apakah stok 8 jenis kebutuhan sehari-hari di atas sudah lengkap? Jika belum segera beli online saja di TaniHub. Situs/aplikasi TaniHub ini menyediakan bahan makanan dan juga bumbu lengkap untuk dapur Anda. Tinggal klik pesan, maka bumbu dapur pun jadi lengkap lagi tanpa perlu keluar rumah.