Cara Mengatasi Sariawan Pada Balita yang Ampuh dan Tidak Perih

 

 

Sariawan merupakan salah penyakit yang bisa mengganggu berbagai macam aktivitas, bahkan pada beberapa keadaan bisa menyebabkan kehilangan nafsu makan. Hal ini juga bisa terjadi pada balita. Tentu hal ini sangat tidak baik, sebab balita sedangkan membutuhkan banyak asupan makanan yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhannya. Cari tahu cara mengatasi sariawan pada balita yang ampuh dan tidak perih di sini.

 

Sebagian besar orang tua, ketika mengetahui anaknya mengalami sariawan, akan langsung mencari obat untuk anaknya. Akan tetapi, seringkali kurang diperhatikan kandungan pada obat yang akan digunakan. Perlu Anda ketahui, bahwa obat sariawan yang baik adalah yang menggunakan bahan alami dan tidak mengandung alkohol seperti Aloclair.

 

Cara Atasi Sariawan pada Balita

 

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya ternyata bisa mengobati sariawan yang diderita oleh balita. Caranya pun cukup mudah untuk dilakukan. mula-mula Anda dapat mengupas kulit lidah buaya tersebut, lalu mengambil bagian getahnya dan mengoleskannya pada luka sariawan.

 

Di sini selain mengoleskan secara langsung, Anda juga bisa melarutkannya dalam air, kemudian digunakan sebagai obat kumur. Cara ini bisa dilakukan setiap hari, dimana ketika sekali berkumur dilakukan selama kurang lebih 30 detik.

 

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata juga bisa menjadi alternatif dalam mengatasi sariawan pada balita. Cara ini bahkan bisa digunakan ketika Anda dan anak sedang berada dalam perjalanan. Pasta gigi yang dioleskan pada luka sariawan dapat meredakan rasa perih pada luka sariawan tersebut.

 

Hal ini disebabkan karena pasta gigi mengandung anti bakteri, sehingga mampu memerangi bakteri yang menyebabkan infeksi pada sariawan. Pemakaian pasta gigi ini bahkan dikenal mampu menyembuhkan sariawan dengan waktu yang tidak lama.

 

  1. Menggunakan Madu

Madu memang dikenal memiliki kandungan yang kaya akan manfaat. Kandungan anti bakteri pada mampu dikenal bisa menyembuhkan luka dan mencegah adanya infeksi yang menyebar. Sehingga madu juga bisa mengatasi bengkak dan iritasi yang mungkin ditimbulkan karena sariawan.

 

Cara pemakaiannya bisa dengan mengoleskannya secara langsung pada luka sariawan. Di sini, Anda juga bisa mencampurnya dengan air hangat untuk berkumur. Langkah ini tidak akan sulit, sebab rasa madu yang manis juga disukai oleh balita.

 

  1. Menggunakan Baking Soda

Selain digunakan sebagai salah satu bahan dalam membuat kue, ternyata baking soda juga bisa menjadi media dalam menyembuhkan sariawan. Hal ini disebabkan karena baking soda mengandung sodium bikarbonat, dimana kandungan tersebut mampu mengurangi rasa sakit dan serta mempercepat penyembuhan sariawan pada balita.

 

Cara menggunakannya yaitu dengan cara melarutkan baking soda sebanyak satu sendok dalam air hangat. Buatlah hingga membentuk cairan seperti pasta. Kemudian Anda hanya perlu mengoleskannya pada luka sariawan memakai cotton bud dan diamkan sekitar 10 menit. Baru kemudian bilas dengan cara berkumur.

 

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan anti bakteri, analgesik, dan anti inflamasi yang dapat membantu penyembuhan pada luka sariawan. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskannya pada bagian luka sariawan balita.

 

Khasiat minyak kelapa ini adalah untuk mengurangi rasa sakit serta iritasi yang terjadi. Untuk memudahkan Anda dalam mengoleskan minyak, Anda bisa menggunakan cotton bud dengan bahan yang lembut.

 

Di sini Anda telah mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan, khususnya yang terjadi pada balita. Karena balita sudah bisa berkumur, maka Anda bisa membuat beberapa obat kumur dari bahan-bahan yang ada di sekitar ataupun menggunakan obat kumur Aloclair.